REKOR INDONESIA-DUNIA

Setelah meyelenggarakan berbagai kegiatan berskala nasional di jakarta dan Bali, serta berkompetisi dan juara di 4 negara selama tahun 2018, Indonesia Memory Sports Council (IMSC) menutup event akhir tahunnya dengan 101 peserta berhasil membuat Rekor daya ingat baru dalam mengingat ensiklopedia dengan peserta dan informasi terbanyak  pada 21 Desember 2018 di Gramedia Matraman, Jakarta Pusat

Oleh Yudi Lesmana, Ketua Umum IMSC

Membaca buku bukanlah kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pernyataan ini bukan tanpa dasar, dari seluruh survey oleh berbagai lembaga internasional, menempatkan Indonesia sebagai negara terbelakang dalam hal membaca buku ( Data PISA 2015 Reading Rank ).

Lain halnya bagi Indonesia Memory Sports Council (IMSC), semenjak rencana rekor ini diumumkan, Tim IMSC tidak hanya mengajak masyarakat untuk rajin membaca, namun juga mengingat ratusan hingga puluhan ribu informasi didalamnya. 4 buah buku ensiklopedia berhasil diingat secara bekerja sama oleh 101 anggota yang dilatih IMSC pada Jumat, tanggal 21 Desember 2018. Pembuatan rekor dimulai pada pukul 17.00 WIB sampai dengan 19.30 WIB dengan disaksikan dan diuji secara tulisan maupun lisan oleh 2 (dua) orang juri independen, yaitu :

Suharno (Pejabat Bidang SMP/SMA Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta);

Adre Mayza, Sp.(s)K (Dept. Neurologi dan Peneliti Senior IMERI FK – Universitas Indonesia)

“Tes dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap 1, tes tulisan secara digital yang dilakukan oleh setiap peserta dengan target minimal 80% jawaban benar. Pertanyaan disusun berdasarkan buku yang diuji. Tes tahap 2 ialah tes lisan yang dilakukan oleh juri independen secara random sampling kepada 101 peserta”

Hadir dalam proses pengujian ini, Ketua Umum IMSC, Yudi Lesmana, Pembina Bapak Bey Sapta dan Adil Karim, serta segenap pengurus organisasi dan mitra penyelenggara acara Gramedia. Adapun buku yang diujikan antara lain :

Fauna Pedia, Penulis Dr. Lucy Spelman, Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 255 Halaman

Mengapa, Penulis: Crispin Boyer, Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 235 halaman

Serangga Pedia, Penulis: Murawski, Darlyne & Honovich, Nancy Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 263 halaman

Tubuh Pedia, Penulis: Christina Wilson Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia, 157 halaman

Setelah melalui serangkaian uji yang diberikan Juri Independen, Kantor Notaris Mustangin, S.H, M.Kn akhirnya membacakan Berita Acara Peliputan yang menyebutkan bahwa peserta telah berhasil menyelesaikan tes tertulis dengan tingkat kebenaran jawaban peserta sebesar 86,6 % dan Tes Lisan 90%. Hasil ini juga telah diserahkan langsung kepada Pihak Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kemudian dicatatkan sebagi Rekor MURI DUNIA. Selamat kepada seluruh peserta dan terus berprestasi.