Jakarta – Ditengah bulan suci Ramadhan saat seluruh umat muslim berpuasa, puluhan peserta dari 11 kota di seluruh Indonesia berani menantang dirinya untuk berkompetisi mengingat Angka & Kartu acak di event Indonesia Intellectual Championship (IIC) seri Random Numbers & Speed Cards 2021. Dilaksanakan secara daring melalui Virtual Conference dan menggunakan aplikasi MindX Memory Games, kompetisi daya ingat tingkat nasional ini berhasil diselenggarakan oleh Indonesia Memory Sports Council (IMSC) dan mengeluarkan juara – juara baru dengan nilai yang luar biasa.

Kejuaraan yang diikuti oleh peserta usia 6 – 58 tahun ini tersebar dari Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Tangerang, Sangatta (Kutai timur), Bangka, Medan, Surabaya, Jombang, dan Tulung agung dilaksanakan pada tanggal 01 – 09 Mei 2021 yang lalu dan berhasil dimenangkan oleh Owen Muhammad Wibisono, mahasiswa kedokteran dari Universitas Airlangga yang berasal dari kategori dewasa (18 – 58 tahun) berhasil mengingat 90 angka acak (random numbers) serta 32 kartu acak (speed cards) dalam waktu 5 menit. Owen berhasil meningkatkan kemampuannya dengan sangat signifikan, bahkan Owen memberikan tips dan pengalamannya dalam menggunakan teknik memory saat malam pengumuman juara. (video terlampir dibawah ini)

Sementara posisi kedua berhasil diraih oleh Ilham Pratama, tenaga kesehatan berasal dari Bangka, yang masuk dalam kategori dewasa (18 – 58 tahun) sementara posisi ketiga berhasil diraih Audhy Rachaddian Adhyatama berasal dari Bandung, yang juga termasuk dalam kategori dewasa.

Selain juara Overall, kompetisi juga terbagi menjadi juara per kategori diantaranya ada kategori lower kids (6-9 tahun), upper kids (10-12 tahun), junior (13-17 tahun) dan adult (18-58 tahun). 

Tidak hanya itu panitia juga memberikan penghargaan kepada top 5 untuk “Best New Player” yang diberikan kepada peserta yang baru pertama kali ikut serta dan mendapat hasil yang memuaskan, “Most Improved” untuk peserta yang berhasil meningkatkan kemampuan mengingatnya dari saat latihan hingga saat kompetisi, dan “Rising Star” bagi peserta pendatang baru yang sudah berhasil unggul di beberapa kategori juara.

Ajang ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Indonesia Intellectual Championship (IIC) 2021 yang diadakan secara daring yakni (Memory, Critical Thinking, Spelling Bee, English Presentation, dan Arithmetic).

Kompetisi ini diharapkan menjadi salah satu ajang positif di kalangan pelajar dan masyarakat saat ini dimana kegiatan dilakukan di rumah namun tetap bermanfaat untuk melatih daya ingat yang akan membantu dalam keseharian dan pendidikan baik didalam maupun luar sekolah. Masyarakat umum juga dapat mecoba berlatih daya ingat sebagaimana yang dilakukan para memory expert melalui aplikasi MindX. (baca: http://bit.ly/mindxmemorygames) yang saat ini sudah memiliki ribuan pengguna dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara (RN/IMSC)

_____________________________________________________________________________________________

Hasil kompetisi dapat dilihat pada link berikut ini :

Result IIC-Memory Championship 

Video Award Ceremony & Result Announcement


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Open for Registration!