MINDX Online Memory Championship

Download Aplikasi MindX Memory Games di Google Playstore

Oleh Yudi Lesmana

Pandemi Covid 19, Memory Sports adakan Kejuaraan Daya Ingat secara Daring
Bosan gara-gara ‘dirumah aja’?, jika rasa jenuh mulai muncul karena rutinitas yang monoton di ruang yang itu-itu saja, bisa jadi itu disebabkan beban otak kita berkurang drastis dibandingkan biasanya. Dengan kata lain, otak kita mengalami penurunan fungsi, khususnya daya ingat dan konsentrasi. 
Indonesia Memory Sports Council (IMSC), sebuah lembaga yang bergerak di bidang pelatihan olahraga daya ingat yang telah bertahun-tahun membawa para pelajar Indonesia memenangkan berbagai kejuaraan daya ingat tingkat internasional, mempunyai jalan keluar agar pelajar dan masyarakat umum di Indonesia dapat memanfaatkan waktu selama bekerja dan belajar di rumah untuk mempertahankan bahkan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi secara daring. 
Melalui Aplikasi MindX Memory Games yang dapat diinstall melalui Playstore, IMSC mengadakan kompetisi yang dinamakan MindX Online Memory Championship (MOMC) 2020. Dengan aplikasi ini masyarakat Indonesia dapat mengikuti Kompetisi daya ingat dalam 3 disiplin yaitu :
  • Random Images, mengingat urutan gambar acak dalam waktu 5 menit
  • Random Words, mengingat urutan kata acak dalam waktu 5 menit, dan
  • Random Numbers, mengingat urutan angka acak dalam waktu 5 menit
Agar kompetisi berlangsung sportif, panitia menggunakan aplikasi video conference untuk mengawasi peserta agar tidak mencatat/menyontek selama kompetisi berlangsung. Untuk koneksi video conference itu peserta diharuskan mengaktifkan 1 gadget/laptop tambahan. Setelah terkoneksi, peserta kemudian hanya fokus menyelesaikan tantangan daya ingat di Aplikasi MindX.

“Ketiga disiplin ini merupakan nomor yang biasa dipertandingkan dalam kejuaraan daya ingat internasional.”

Kompetisi ini dikategorikan berdasarkan umur peserta yaitu Adult (berumur diatas 18 tahun ), Junior (12-18 tahun), dan Kids (5 -12 tahun).
Pemenang kompetisi daya ingat daring ini akan mendapatkan uang tunai, voucher belajar, badge pin juara, dan sertifikat. Babak penyisihan dimulai tanggal  4 April 2020 sampai tanggal 10 April. Dalam rentang waktu ini, peserta bebas memilih hari untuk berkompetisi.  Sepuluh peserta terbaik akan bertanding ulang di babak final yang akan diadakan pada 12 April 2020. 

IMSC merupakan salah satu penyelenggara kompetisi daya ingat berpengalaman dimana pada tahun 2017 telah menjadi tuan rumah World Memory Championship di Jakarta yang medatangkan 21 negara dan terakhir menyelenggarakan Asia Open Memory Championship 2019 di Bali yang diikuti 16 Negara.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Open for Registration!