Kompetisi daya ingat atau Memory Championship sedang berkembang di berbagai negara saat ini. Kompetisi ini pun memiliki peringkat dunia yang diikuti lebih dari 30 negara.

Peringkat pada kompetisi memory dapat dilihat juga berdasarkan kategori umur, negara, maupun jenis kelamin. Anda dapat mengakses peringkat dunia dengan klik gambar dibawah ini.

Ada 4 kategori umur yang bertanding di kompetisi daya ingat ini, yaitu :

– Kids ( berumur dibawah 12 tahun atau berumur 12 tahun ditahun bertanding )

– Junior ( berumur 13 – 17 tahun)

– Adult ( berumur 18 – 59 tahun )

– Senior (berumur diatas 59 tahun)

Level kompetisinya juga dibagi atas 3 jenis, yaitu National Level (short), International Level (medium), dan World Level (long). Kompetisi yang masuk peringkat resmi dunia hanyalah kompetisi yang diselenggarakan national council yang bekerjasama dengan organisasi daya ingat dibawah Asia Alliance, Global Alliance, atau IAM.

Ada 10 disiplin daya ingat yang dipertandingkan di setiap kejuaraan. Disiplim tersebut antara lain :

1. Names and Faces
2. Random Words
3. Binary Numbers
4. Historic Dates
5. Speed Numbers (two trials)
6. Random Cards
7. Random Images
8. Marathon Numbers
9. Spoken Numbers
10. Speed Cards (two trials)

Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana aturan dan jenis-jenis yang dipertandingkan, silahkan klik banner dibawah ini untuk mendownload file PDF terkait kompetisi.

Berdasarkan penelitian terbaru di bidang neuroscience yang di terbitkan oleh salah satu Doctor Neuroscience yang juga atlet memory dari Jerman, Boris N. Konrad, Ph.D, melatih otak lewat 10 disiplin diatas akan memperkuat kemampuan daya ingat secara signifikan, menumbuhkan kreativitas, dan memperkuat fokus jika dilakukan dengan teknik yang benar. Tertarik untuk mencoba?.

Mari bergabung ke dalam Tim Olimpiade Memory Indonesia 2018


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Open for Registration!